PJI-Biro Napza Lomba Penulisan HIV -AIDS - NAPSA(narkotika psikotropika & zat adiktif)
Headlines News :
Home » » PJI-Biro Napza Lomba Penulisan HIV -AIDS

PJI-Biro Napza Lomba Penulisan HIV -AIDS

Written By SMA N 1 TOMONI on Rabu, 12 Disember 2012 | 10:04 PTG

PJI-Biro Napza Lomba Penulisan HIV -AIDS

MAKASSAR,UPEKS—Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel kerjasama Biro Bina Napza dan HIV-AIDS Setda Provinsi Sulsel gelar Lomba Penulisan Esai Tentang HIV dan AIDS bagi Jurnalis se-Sulsel. Lomba penulisan ini masih merupakan bagian dari Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2012. Kali ini mengangkat tema Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV- AIDS. Sub tema: Hentikan Stigma dan Diskriminasi Terhadap Orang dengan HIV-AIDS (ODHA). Dalam lomba ini, panitia penyelenggara akan memilih juara pertama hingga harapan ketiga. Masing-masing pemenang akan memeroleh paket hadiah berupa uang tunai dan plakat/sertifikat.
Ketua PJI Sulsel, Jumadi Mappanganro, menuturkan, pelaksanaan lomba ini didasari pertimbangan bahwa saat ini perempuan dan anak di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan, kian rentan dari penularan HIV dan AIDS. Namun kondisi ini belum memeroleh perhatian yang serius dari banyak pihak. Pada sisi lain, stigma dan diskriminasi terhadap ODHA di Indonesia pada umumnya dan Sulawesi Selatan khususnya masih kuat. Stigma dan diskriminasi ini terjadi antara lain karena masih minimnya pengetahuan yang benar dan komprehensif tentang HIV dan AIDS pada sebagian masyarakat. “Stigma ini biasanya berujung pada perlakuan diskriminasi terhadap ODHA.
Diskriminasi ini diwujudkan dalam bentuk ucapan, tulisan maupun tindakan. Bahkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA pun kadang ditemukan dalam bentuk karya jurnalistik,” jelasnya kepada wartawan di Makassar, Kamis (6/12). Didorong keprihatinan terhadap perempuan dan anak yang kian rentan ditulari HIV-AIDS serta keinginan untuk mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA itulah antara lain alasan lomba ini dilakukan. “Harapan penyelenggara melalui tulisan jurnalis tersebut, masyarakat terdorong untuk memahami secara benar dan komprehensif tentang HIV dan AIDS. Sehingga masyarakat turut bersama mencegah penularan HIV dan AIDS yang kian meluas.
Namun masyarakat bisa semakin bijak memandang dan memperlakukan ODHA,” paparnya. Untuk ketentuan lomba, semua jurnalis dari berbagai media, cetak, online, maupun televisi yang berdomisili di Sulawesi Selatan dapat mengikutinya. Tulisan yang diikutkan lomba bisa dalam bentuk berita straight news, feature news, maupun wawancara. “Tulisan yang diikutkan lomba adalah tulisan yang telah dipublikasikan melalui media cetak maupun media online,” ujarnya. Masa terbit/publikasi/posting mulai tanggal 1 November 2012 hingga tanggal 14 Desember 2012.
Tulisan yang diserahkan ke panitia lomba bukan hasil tulisan copy-paste (plagiat),” ujarnya. Ia menambahkan, satu peserta/jurnalis boleh menyerahkan satu hingga tiga tulisan. Penyerahan tulisan dari peserta lomba ke panitia berlangsung 7 – 14 Desember 2012. Pengumuman pemenang lomba akan dilakukan pada pekan ketiga Desember 2012. “Penyerahan hadiah dan sertifikat pemenang lomba dilakukan paling lambat pekan keempat Desember 2012. Jika kemudian hari panitia menemukan bahwa tulisan dari pemenang lomba merupakan hasil plagiat, maka panitia berhak membatalkan pemenang yang bersangkutan dan menarik hadiah yang telah diberikan panitia penyelenggara,” tegasnya. (Mg03/arf).
Share this article :

0 ulasan:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NAPSA(narkotika psikotropika & zat adiktif) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger